KERINCI - Tensi politik dalam suasana Pilkada Kerinci terus menghangat. Belakangan banyak figur yang terus bermunculan dan saling klaim mendapat dukungan partai politik.

Di sisi lain tiap kandidat juga pede bakal mendapat dukungan dari daerah basisnya masing-masing. Seperti diketahui, secara geopolitik, peta di Pilkada Kerinci terbagi dalam tiga zona. Zona yang dimaksud adalah mudik, tengah, dan hilir.

Yang terjadi kian hari adalah begitu sengit dan kentaranya saling klaim di antara kandidat. Rata-rata dari mereka sangat yakin bakal mendapat dukungan dukungan mayoritas dari satu diantara tiga zona tersebut.

Ada dorongan agar suara Kerinci bagian hilir bersatu dan mengusung satu calon saja. Meskipun ada sejumlah calon memastikan bakal maju, seperti Zainal Abidin, Tafyani Kasim, Subur Budiman, dan beberapa nama lain.

Lalu suara dari kawasan Kerinci bagian mudik juga tak jauh berbeda. Banyak calon sangat yakin bakal mendapat dukungan partai. Selain ada nama petahana Adirozal, juga ada nama Monadi Murasman, Fadli Sudria, dan juga ada sejumlah nama lain.

Bagaimana suara Kerinci bagian tengah? Dari pantauan di lapangan, nyaris tidak banyak diperhitungkan oleh tokoh mudik dan hilir. Sejauh ini yang sering disebut-sebut baru nama Ami Taher. Namun belakangan dia tidak lagi diwacanakan sebagai calon bupati, tapi calon wakil bupati.

Bagaimana pengamat politik melihat hal ini? Navarin Karim, dosen Fisipol Unja, mengatakan bahwa suara dari wilayah tengah niscaya bakal menjadi rebutan kandidat, baik dari hilir dan mudik. Ini karena kedua wilayah tersebut mempunyai kandidat yang sama-sama maju sebagai Cabup.

"Sebagai pendulang suara bukan hanya nomor satu saja, tapi nomor dua pun juga. Dalam hal ini kandidat wilayah tengah bakal disiapkan sebagi nomor dua. Kedua kandidat bakal berebut suara tengah," katanya.

Malahan, bukan tidak mungkin, kata dia, kandidat dari wilayah tengah juga bisa menjadi kuda hitam di Pilkada Kerinci, karena kandidat ini tidak diperhitungkan dalam bursa cabup.

Dosen senior di Fisipol Unja ini juga mengatakan, jika Kerinci merupakan pemilih rasional setelah Kota Jambi. Ini karena tingkat pendidikan di bumi Sakti Alam Kerinci tersebut.

Namun pada Pilkada, kata dia, memilih secara tradisional masih terjadi. Seperti akan mendukung kandidat dari daerahnya sendiri.

"Ini harus diubah. Kandidat harus mengampanyekan jika memilih pemimpin dilihat dari visi misi, bukan golongan atau daerah tertentu. Karena negara kita majemuk," ujarnya.

Sementara pengamat politik Jambi, Dony Yusra Pebriyanto memprediksi, bila kandidat Kerinci dari hilir akan maju lebih dari satu calon sudah dipastikan Kerinci hilir pun akan ikut pecah suaranya.

"Sekalipun yang maju sebagai wakil, tentu suara akan tetap pecah. Tinggal hanya berapa persen pecahnya saja," katanya.

"Justru kalau dari kaca mata politik sekalipun Kerinci mudik sudah hampir dipastikan lebih dari satu calon tidak berarti kalkulasinya berpasangan dengan Kerinci tengah adalah hitungan yang tepat. Apalagi berkaca pada Pilkada sebelum-sebelumnya kombinasi mudik-hilir justru lebih luar biasa," jelasnya.

Namun kata dia, jika calon bupati dari wilayah hilir ingin mengharapkan wakil dari mudik tentu juga tidak tepat. Dan menurutnya kolaborasi kandidat hilir-tengah lebih pas dan berpotensi sangat kuat. 

"Sepertinya Kerinci mudik tidak terbiasa menjadi nomor dua, maka dalam hal ini kombinasi hilir-tengah lebih pas jika posisi nomor satu dari hilir," ujarnya.

Sumber : Metrojambi.com

Info Paytren : Peluang Pekerjaan Buat Kita Semua

Banyak aplikasi bayar2 yg gratiiis.. ...
Tapi saya pilih Paytren, krn saya gk mau setiap transaksi saya sia2 bgtu aja, saya pengen yg ada sedekahnya donk setiap transaksi.
 
👉Saya beli pulsa di PAYTREN, dpt CASHBACK.
👉saya bayar listrik di PAYTREN, dpt CASHBACK juga.
👉Saya belanja online lewat belanjaqu.co.id yg ada di PAYTREN dpt CASHBACK juga.
Aaahh pokonya semua transaksi lewat PAYTREN dpt CASHBACK. asyiiik kaan.. drpd cuma dpt struk..

Blum lagi kalau jual LISENSInya.. waaaahh siap2 rekening gendut dan siap2 dpt REWARD...😍

MAU PILIH MANA???
PAYTREN apa diluaran sana yg cuma dpt STRUK..😂
PAYTRENIN AJEEE.. urusan bayar2 bereees klo ada PAYTREN....
DAFTAR PAYTREN......

Kontak :
WA / HP = 081274139401

TN0308795.paytren.net
 www.Paytren-Jambi.com  
Reaksi: