ilustrasi
ilustrasi / Istimewa
KERINCI - Turunnya harga komoditi cabai merah dan bawang di Kabupaten Kerinci, tentu saja berimbas terhadap pendapatan petani. Saat ini, harga cabai merah di tingkat petani berkisar Rp 14 ribu hingga Rp 17 ribu per kilogram.

"Harga murah hasil melimpah. Kita jual ke pedagang Rp 14 ribu, paling tinggi Rp 17 ribu per kilogram. Jadi, panen yang keempat kali baru balik modal," kata Aryadi, salah seorang petani cabai di Kerinci, Sabtu (22/4).

Menurut Aryadi, penyebab turunnya harga cabai karena masuk musim panen. Selain itu, adanya pasokan cabai dari luar Kerinci. "Pasokan dari luar juga mempengaruhi harga cabai di Kerinci," sebutnya.

Edi Asari, petani cabai di Kayu Aro juga mengakui banyak petani saat ini sedang panen cabai. Ia mengatakan selain harga cabai, harga komoditi lainnya juga masih turun. "Iya di Kayu Aro juga turun, masih banyak yang sedang panen," ungkapnya

Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kerinci Raminudin, juga mengakui saat ini komoditi itu memgalami penurunan harga di pasaran. Ia mengatakan, agar harga tetap terjaga di pasaran, Disperindag meminta petani menyesuaikan pola tanam yang tepat.

"Iya, harga cabai saat ini sedang mengalami penurunan di Kerinci, karena permintaan juga turun," katanya.

Kabid Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kerinci Khamim, menjelaskan saat ini masuk musim panen di tingkat petani.Di samping itu dipengaruhi pasokan cabai dari Alahan Panjang Sumbar yang juga masuk di Kerinci, karena petani disana juga sedang panen.

"Biasonyo cabe Kerinci dibawa ke Sumbar. Tapi sekarang mereka sedang panen, juga Curup. Jadi kebutuhan sana terpenuhi. Karena musim panen banyak ini menyebabkan harga murah," terangnya.

Ditanya sampai kapan harga cabai stabil, ia mengatakan untuk harga tidak bisa diprediksi karena tergantung permintaan pasar. "Bawang juga saat ini di Kerinci sedang musim panen," tandasnya.

Sumber : Metrojambi.com



PELUANG KERJA UNTUK ANAK SEKOLAHAN DAN MAHASISWA

Jalan mendapatkan AKTIF INCOME Pribadi ada 2 pilihan mudah :

1. Bangun kost2 an kelas ekonomi 18 kamar dengan tarip 500rb/bln.

Estimasi pendapatan 9 jt/bln, duduk manis dapat duit.
Syaratnya punya modal awal minimal 1,5 Milyar.
Proses pembangunan kos 6 bln - 1 th.

2. Bangun jaringan bisnis PayTren,
ambil paket basic (paket terendah) modal 350 RIBU SAJA.

Estimasi pendapatan 9jt/bln (penghasilan paket terendah),
 syaratnya anda harus kerja keras membangun jaringan selama 6 bln - 1 tahun.

Yang jadi persoalan, apakah hari ini anda punya uang 
1,5 Milyar atau hanya 350 ribu doang ?
Kami tidak menawarkan jalan pintas menuju sukses,
 tapi kami menawarkan jalan cerdas menggapai sukses.

Yuukk...belajar menjadi pemilih yang cerdas bersama Ustadz YUSUF MANSUR


Salam Dahsyat PAYTREN

Dafftar Hubungi :


TN0308795
Pahdizul
HP/WA : 081274139401
www.Paytren-Jambi.com
Reaksi: