Jambi  -  Permasalahan tahanan dimana-mana sepertinya sama saja. Kelebihan kapasitas. Daya tampung yang sedikit tapi kenyataannya, diisi oleh orang dengan jumlah yang melebihi kapasitas. Tak terkecuali kondisi di penjara Quezon City, Manila, Filipina. Foto-foto berikut akan bicara betapa para tahanan tersebut berdesakan.

Mengutip dailymail,  penjara ini kapasitasnya hanya untuk 800 tahanan. Tapi apa yang terjadi, penhuninya mencapai 3.800 tahanan. Bayangkan saja! Tak ayal, ruang bebas, makanan, air bersih menjadi sesuatu yang “diperebutkan” di sini. Di sini, sel yang idealna berisi 20 tapi malah didiami oleh 160 hingga 200 tahanan. Maka yang terjadi adalah, ketika mereka tidur, kaki tahanan bisa berada di kepala atau badan tahanan yang lain.

Penjara ini usianya sudah tua, dibangun enam dekade yang lalu.


\
Seorang mantan narapidana di sana, Raymund Narag menuangkan kisahnya selama menjadi penghuni di penjara Quezon City. Ia yang saat dipenjara berusia 20 tahun karena kasus pembunuhan (ia membantah melakukakanny), berada di sana selam tujuh tahun.

“Selama hampir tujuh tahun, saya mengalami ‘kematian’ di setiap momen dalam hidup saya di dalam penjara. Laki-laki dipaksa tidur di ruangan berlantai basah yang menyebabkan beberapa narapidana menderita stroke  karena sempitnya tempat,” katanya.

Ia mengatakan jatah makanan juga sangat sedikit, bahkan dan sering didapati berisi paku berkarat dan kecoak.



Bagaimana di Jambi?

Tak jauh beda, di Lapas Klas IIA Jambi juga mengalami over kapasitas.
Ini membuat napi tidur berdesakan. Arsip pemberitaan Tribun pertengahan Januari 2016, secara keseluruhan, kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di Jambi telah kelebihan daya tampung alias over kapasitas. Bahkan persentasenya mencapai 200 persen lebih.

Baik narapidana maupun tahan terpaksa tidur berdesakan.
Provinsi Jambi memiliki 7 Lapas yang terdiri dari 1 Lapas Klas II A dan 5 Lapas Klas IIB serta 1 Lapas Klas III.

Kemudian ada satu Lapas narkotika dan satu lembaga khusus pembinaan khusus anak serta satu rumah tahanan Klas II B.

Gambar Ini memperlihatkan kondisi Lapas Klas IIA Jambi



Data yang diperoleh Tribun dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kemenkum) dan Hak Azasi Manusia (HAM) Jambi bahwa total kapasitas hanya di angka 1.505 orang.

Namun jumlah warga binaan baik narapidana maupun tahanan mencapai 3219 warga binaan. Dari perbandingan jumlah tersebut, persentase over kapasitas mencapai 214 persen.

Meski demikian tak dipungkiri masih ada beberapa yang dibawah kapasitas, seperti Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Muara Bulian yang memiliki kapasitas 99 hanya diisi 94 warga binaan.

Selain itu Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sungai Penuh yang memiliki kapasitas 119 orang hanya diisi 91 warga binaan.

SUMBER : TRIBUNJAMBI.COM

INFO PAYTREN BUAT KITA SEMUA :
_*Apa itu PayTren ?*_. 

🔴Aplikasi micropayment utk pembayaran listrik, isi pulsa, beli tiket, bayar speedy, bpjs, belanja online, belanja di alfamart, kirim uang dll, yang bisa di install pada smartphone android dan IOS.
_*Apa benefit menggunakan PayTren ?*_
🔴 Mudah, murah, hemat, dpt cashback, bernilai ibadah dan ada peluang bisnisnya.

_*Bagaimana cara menjadi mitra PayTren ?*_
🔴 _*Mitra Pebisnis + Pengguna :*_ Harga lisensi paling murah Mulai 350.000 & paling mahal 10.1 juta (menu transaksi all payment).
_*Apa kelebihan lain dari PayTren ?*_
🔴 Legalitas lengkap SIUPL tetap & setifikat APLI dll, sudah di miliki PayTren.
🔴 Owner bukan orang sembarangan dan insya Alloh amanah yaitu Ustd. Yusuf Mansur pengasuh ponpes Darul Qur'an.
🔴 Setiap transaksi di PayTren bernilai sedekah.
🔴 Memiliki komunitas positip yang menjunjung tinggi nilai2 agama.
🔴Bisnis yg mengedapankan tali silaturrahim.

Daftar PAYTREN Klik / Buka
WWW.PAYTREN-JAMBI.COM
WA 081274139401/085266129889 
Reaksi: