Prosesi pelantikan rektor sejumlah PTKIN di kantor Kemenag
Prosesi pelantikan rektor sejumlah PTKIN di kantor Kemenag / istimewa
KERINCI – Dr. Y Sonafist, M.Ag, resmi menjabat Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, setelah dilantik oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin, bersama beberapa rektor IAIN lainnya. Pelantikan rektor pertama IAIN Kerinci digelar di Lantai 3 kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jalan Thamrin nomor 6, Jakarta.

Sebelumnya, Sonafist menjabat sebagai Ketua STAIN Kerinci. Dengan peralihan status STAIN menjadi IAIN, maka dia langsung dilantik menjadi rektor. Dalam acara pelantikan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB itu hadir para pejabat lingkup Kemenag RI, mulai dari pejabat Eselon I, II, Sekjen dan para Dirjen serta para pejabat setingkat direktur.

Sementara dari IAIN Kerinci, hadir para Wakil Ketua (jabatan di STAIN Kerinci), Ketua dan Sekretaris Jurusan, serta para Kepala Bagian dan jajaran. Usai melantik Rektor IAIN Kerinci dan sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin menyampaikan sejumlah harapannya.

Ia berharap, dengan adanya kenaikan status ini hendaknya menjadi langkah awal menuju kemajuan PTKIN untuk masa yang akan datang. Selain itu, Menag juga menekankan kepada PTKIN yang telah naik statusnya ini bisa menjadi pilot project bagi PTKIN lainnya.

Sementara itu, Sonafist menyampai rasa terimakasih kepada semua pihak sehingga pelantikan ini bisa terlaksana dengan baik. “Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan, dan terimakasih kepada seluruh civitas akademika IAIN Kerinci, baik yang hadir secara langsung di Jakarta, ataupun yang berada di Kerinci saat ini. Semoga kita diberikan kekuatan untuk mengemban amanah ini,” pungkasnya.


Sumber ; metrojambi.com

Reaksi: