Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa
KERINCI - Sejumlah nama bakal calon bupati maupun wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada 2018 belakangan ini mulai bermunculan.

Bak gayung bersambut, sejumlah partai politik (parpol) sepertinya mulai merespon dan bahkan mulai member sinyal dukungan terhadap bakal calon orang nomor satu di bumi Sakti Alam Kerinci.

Diantara parpol yang sudah memberikan sinyal dukungan kepada kandidat bacabup adalah Partai NasDem dan PDIP. Partai besutan Surya Paloh mengisyaratkan akan menjadi perahu politik Monadi yang notabene anak mantan bupati Kerinci Murasman. Sementara PDIP mulai condong ke Candra Purnama yang merupakan kader partai besutan Megawati Soekarnoputri.

Selain dua partai itu, Gerindra sepertinya juga memberikan sinyal dukungan terhadap bupati aktif Adirozal, untuk melanjutkan kembali kepemimpinannya membangun Kerinci. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH).

Anggota DPR RI Dapil Jambi itu selalu memberikan pujian terhadap kinerja mantan Walikota Padang Panjang ini dalam membangun Kabupaten Kerinci. Bahkan, SAH sendiri tidak segan-segan mengajak masyarakat untuk kembali melanjutkan program yang digagas oleh Adi Rozal tersebut.

"Saya tidak ragukan lagi komitmen pak Bupati, beliau dimana kesempatan mengejar dana APBN dan APBD provinsi untuk rakyat Kerinci, ini perlu kita lanjutkan program pak Bupati Kerinci," ujar SAH saat acara penyerahan bantuan beasiswa PIP di Kayu Aro, Senin (23/1) kemarin.

SAH usai acara kembali menegaskan jika kinerja Bupati Kerinci Adirozal layak untuk diteruskan untuk periode selanjutnya. Bahkan SAH juga menyebut jika memulai lebih sulit daripada melanjutkan.

"Saya sudah melihat masalah yang ada di Kerinci ini, sudah mulai teratasi. Kalau yang baik itu teruskanlah, lanjutkan. Karena kalau memulai itu panjang lagi cerita," ujarnya.


Sementara, Adirozal saat dimintai tanggapannya terkait niatannya maju di Pilkada 2018 mendatang, seakan masih malu-malu dan menjawab diplomatis atas pertanyaan awak media.

"Pak Sutan Adil adalah orang politik murni. Jadi bagi saya adalah menjalankan amanah membangun Kabupaten Kerinci, masih ada beberapa tahun. Saya artikan lanjutkan itu adalah lanjutkan untuk dua tahun mendatang lagi," katanya sembari tersenyum.

Ditanya untuk kesiapannya maju pada pesta demokrasi dalam memberebutkan kembali BH 1 DZ? Mantan Wakil Walikota Padang Panjang ini masih enggan untuk membeberkannya. "Kalau untuk Pilkada itu masih jauh lagi, Jauh itu. Biarkan saja bergulir, yang jelas saat ini mari kita sama-sama membangun kabupaten Kerinci," ujarnya.

Sedangkan bakal calon lain, Monadi Murasman, mengaku telah mendapatkan dukungan secara lisan dari Partai NasDem dan Partai Bulan Bintang untuk maju pada pesta Demokrasi 2018 mendatang.

"Kalau secara tertulis memang belum, tapi lisan sudah ada Dua dukungan Partai, Nasdem dan PBB," ujarnya.

Sama seperti Monadi, Candra Purnama juga mengatakan hal yang sama, bahwa dirinya siap untuk bertarung merebut kursi nomor satu di Kabupaten Kerinci. "Beberapa waktu yang lalu saya sudah menyatakan sikap bahwa akan maju pada Pilkada 2018 mendatang," ujar Candra.

Menurut mantan Sekda Sungaipenuh ini, ia ingin maju pada Pilkada Kerinci ini dikarena keinginan sendiri, keluarga dan beberapa kelompok masyarakat Kerinci. Selain itu, dari PDIP juga telah memberi sinyal kepada para kader partai, jika ingin maju di Pilkada 2017 dan 2018 dipersilakan bersosialisasi kepada masyarakat.

"Saya sudah dua bulan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kerinci hilir dan Kerinci mudik, dari hasil sosialisasi tersebut disambut baik oleh masyarakat," sebutnya.

Untuk diketahui, beberapa bakal calon yang sudah mulai pamer muka sehingga ramai diperbincangkan dikalangan masyarakat. Bahkan, ada beberapa figur sudah mulai turun ke masyarakat untuk minta dukungan serta memasang spanduk dan baleho di sejumlah jalan di Kerinci.

Seperti di Kerinci mudik beberapa nama tokoh Kerinci Mudik yang dikabarkan maju Pilkada nantinya yakni Monadi yang merupakan seorang birokrat, Adirozal yang saat ini menjabat bupati Kerinci, Julizarman (Kadishub Kerinci, dan Yuldi Herman Ketua Komisi II DPRD yang juga Ketua DPD PAN Kerinci.

Sedangkan dari Kerinci tengah beberapa tokoh yang populer yakni AKBP Sukman, Ami Taher seorang politisi, Afrizal HS, dan Andi Putra Wijaya ketua DPC Demokrat Kerinci.
Sementara itu dari Kerinci hilir tokoh yang bakal maju Pilkada yakni Zainal Abidin yang merupakan wakil bupati Kerinci, selain itu Chandra Purnama (mantan Sekda Sungaipenuh), Hasani Hamid dan Mohd Rahman (mantan wakil bupati Kerinci), serta Dasra.

sumber : Metrojambi.com
Reaksi: