Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli
Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli / dok/metrojambi
JAMBI - Gubernur Jambi Zumi Zola, mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak terlibat di Pilkada. Ini terkait adanya temuanya beberapa ASN yang memberikan dukungan secara terbuka di Kabupaten Sarolangun.

Dimana, salah satunya merupakan ASN yang bertugas di Pemerintah Provinsi Jambi. Zola mengatakan, pihaknya menghormati apapun tugas KPU dan Bawaslu. Termasuk melakukan proses terkait dugaan keterlibatan ASN dalam Pilkada.

Menurutnya, ini merupakan langkah tegas yang harus diapresiasi sehingga memberikan efek bagi ASN yang mencoba bermain di Pilkada. “Kita hormati dengan kewenangan KPU dan Bawaslu. Saya mendukung,” katanya.

Ditambahkan Zola, sudah ada prosedur yang jelas dalam penanganan keterlibatan ASN di Pilkada. Apalagi suksesi lima tahunan ini bukan yang pertama di Jambi. Sehingga ia meyakini seluruh ASN di Jambi sudah mengetahui sehingga harus menjaga netralitasnya.

“Saya katakan itu, saya tidak mau ngajarin buaya berenang. Ini bukan pilkada pertama. Sudah berkali-kali, PNS tidak boleh terlibat pilkada,”ujarnya.

Maka dari itu, semua pihak harus mengikutinya. Tidak hanya ASN termasuk kepala daerah. Bahkan kepala daerah juga harus mengambil cuti jika ingin terlibat. “Jadi kita ikuti saja aturannya,”pungkasnya.

sumber : Metrojambi.com
Reaksi: