Para pendemo membawa poster foto Donald Trump yang dimodifikasi menyerupai Adolf Hitler sebagai bentuk protes atas terpilihnya dia sebagai Presiden AS.
Para pendemo membawa poster foto Donald Trump yang dimodifikasi menyerupai Adolf Hitler sebagai bentuk protes atas terpilihnya dia sebagai Presiden AS. / BEN STANSALL/AFP

UNJUK rasa anti-Donald Trump terus terjadi setelah kemenangan kandidat yang diusung Partai Republik itu. Aksi protes terjadi hampir di seluruh wilayah negara bagian Amerika Serikat. Satu insiden menyebabkan lima orang tertembak dan satu luka parah saat penembakan Rabu malam waktu setempat di pusat kota Seattle.

Dilansir ABC, polisi menduga penembakan itu tidak terkait protes anti-Donald Trump. Para korban terdiri dari empat pria dan satu wanita. Salah satu korban luka parah ketika seseorang menembak di kerumunan.

Sementara itu hingga saat ini ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di beberapa kota AS dan kampus-kampus untuk mengekspresikan kebencian mereka pada presiden terpilih Donald Trump.

New York
Pengunjuk rasa turun turun di depan Trump Tower di tengah kota Manhattan. Para pengunjuk rasa meneriakkan kebencian pada Trump. "Dia Bukan Presiden saya" dan membawa atribut bertuliskan "Kalahkan Fasisme." Kelompok pengunjuk rasa lainnya berkumpul di Columbus Circle dekat Trump International Hotel & Tower.

Chicago
Di Chicago, ratusan pengunjuk rasa berkumpul untuk mengekspresikan kemarahan atas terpilihnya Trump. "Anda lihat semua kebencian itu datang untuknya," kata pengunjuk rasa anti-Trump, Will Rossi.

Washington DC
Pengunjuk rasa berkumpul memenuhi kerumunan di depan hotel milik Trump.

Seattle
Selain peristiwa penembakan, sekitar 100 pengunjuk rasa juga memblokade jalan. Mereka juga meneriakkan protes atas hasil pemilu.

Oakland, California
Sebanyak 3000 pengunjuk rasa turun ke jalan di sebelah utara kota California memprotes presiden terpilih, Trump.

Boston
Ribuan demonstran anti-Donald Trump mengungkapkan kemarahan mereka di Boston Common, sebelum menuju ke Statehouse dan Copley Square. Para pengunjuk rasa meneriakkan "Bukan Presiden saya," "Bukan Fasis," "Kami Tidak Akan Dibungkam," dan ""Dia Tidak Akan Jadi Presiden saya." Selain itu ada kota lainnya seperti Oregon dan Philadelphia.

Sumber : Jawapos.com
Reaksi: