Temuan makanan dan minuman kadaluarsa di sejumlah toko dan minimarket Sungai Penuh
Temuan makanan dan minuman kadaluarsa di sejumlah toko dan minimarket Sungai Penuh / Dedi
SUNGAI PENUH - Warga di Kota Sungai Penuh diharapkan untuk berhati-hati, terkait peredaran makanan kadaluarsa. Pasalnya, sejumlah toko, minimarket, maupun pusat perbelanjaan diketahui masih menjual makanan yang sudah kadaluarsa.

Hal ini diketahui setelah tim gabungan dari Disperindagkop, Dinas Kesehatan, kepolisian, dan Satpol PP menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko, minimarket, dan pusat perbelanjaan di Kota Sungai Penuh, Selasa (15/11) kemarin.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Disperindagkop Kota Sungai Penuh Zulkarnain mengatakan, dari tiga minimarket yang disidak, satu diantaranya masih memajang dan menjual puluhan jenis makanan kadaluarsa.

"Paling banyak di Wijaya Mart simpang lima Koto Renah, jumlahnya sampai puluhan. Sedangkan di Plaza Arafah jumlah barang yang disita lebih sedikit," ungkap Zulkarnain.

Ditambahkannya, barang yang disita diantaranya sudah habis masa berlaku, kemasan rusak, tidak berlabel dan sebagainya. Ia juga mengatakan jika hari ini, Kamis (17/11), tim kembali turun kesejumlah mini market dan pusat perbelanjaan untuk memantau makanan yang terindikasi kadaluarsa namun tetap dijual belikan.

"Kita cuma berikan peringatan kepada pemilik minimarket agar tidak menjual makanan kadarluarsa lagi. Inikan merugikan konsumen," sebutnya.

Menurutnya, setelah memberi peringatan kepada pemilik, tim langsung menempelkan peringatan. "Jika mereka masih menjual akan kita berikan tindakan tegas," pungkasnya.
Reaksi: