Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa
JAMBI - Oktober mendatang, kewenangan bidang energi dan sumber daya mineral dari pemerintah kabupaten/kota akan dilimpahkan kepada Pemprov Jambi. Terkait hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Senin (19/9), telah menggelar rapat koordinasi bersama Dinas Energi da Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi.

Nantinya, tidak seluruh pelimpahan kewenanganya menjadi milik Pemprov Jambi, seperti pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga kontrak yang masih bertahan menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. Tetapi, saat ini sebagian PNS yang bekerja di kantor ESDM kabupaten/kota memanfaatkan momen ini untuk mengajukan surat pindah ke Pemprov Jambi.

Mendengar beredarnya kabar tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ridham Priskap, mengimbau kepada pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas ESDM Provinsi Jambi untuk selektif memilih PNS yang akan pindah ke Pemprov Jambi, khususnya ke kantor ESDM Provinsi Jambi.

"Ada 71 PNS yang mengajukan pindah dari sejumlah kabupaten ke Dinas ESDM Provinsi Jambi. Sepertinya ini kesempatan mereka untuk pindah," kata Ridham.

Ia pun berharap PNS yang pindah nantinya memiliki kemampuan yang mumpuni sesuai bidang ESDM. "Saya minta BKD untuk selektif, jangan semua di terima, mana yang memiliki kemampuan saja. Tidak akan kita imventarisir semuanya," ujar Ridham.

Sementara itu Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi, Gamal Husein, mengatakan dari 71 PNS yang mengajukan pindah paling banyak dari Kabupaten Batanghari, Bungo, dan Muaro Jambi.

"Tapi tidak semua akan diambil. Sesuai perintah Pak Sekda, kita ambil yang memiliki kompetensi bagus dan mempuni," ujar Gamal.

Sumber : Metrojambi.com
Reaksi: