Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa
JAMBI – Dukungan partai Demokrat di Pilkada tiga kabupaten di Provinsi Jambi, hampir final. Di Muaro Jambi, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, sudah hampir dipastikan akan mengusung Masnah Busro yang merupakan kader baru Demokrat, untuk disandingkan dengan Bambang Bayu Suseno (BBS) dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Begitu juga di Sarolangun, partai pemilik 3 kursi di DPRD Sarolangun ini juga hampir dipastikan mendukung pasangan Cek Endra-Hilallatil Badri (CE-Hilal), alasannya tak lain hasil survei pasangan ini jauh diatas rata-rata kandidat lainnya.

Berbeda dengan dua daerah tersebut, khusus di Tebo, Demokrat sendiri memiliki 5 kursi di parlemen. Dengan kata lain untuk mengusung, partai berlambang mercy ini hanya membutuhkan 2 kursi tambahan sebagai syarat minimal mengusung calon.

Selain itu, Demokrat juga memiliki kader potensial yang sudah memastikan bakal ambil andil dalam perebutan BH 1 WZ mendatang, dia adalah Syamsurizal atau yang akrab disapa Iday. Selain menjabat Ketua DPC Demokrat Tebo, Iday juga tercatat sebagai anggota DPRD Tebo periode 2014-2019.

Dengan kata lain, di Pilkada Muaro Jambi dan Tebo, Demokrat berpeluang mengusung kader sendiri. Hal ini sesuai dengan harapan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang ingin mengusung kader sendiri di hajatan lima tahunan mendatang. “Iday memang berpeluang. Nanti finalnya tunggu pak SBY pulang dari Korea,” kata Ritas Mairiyanto, Pengurus DPD Demokrat Provinsi Jambi. 

Sumber : Metrojambi.com
Reaksi: