Buaya yang ditemukan Yahya saat mencari ikan di sungai
Buaya yang ditemukan Yahya saat mencari ikan di sungai / Hamid
MUARA BUNGO – Nasih apeh dialami Yahya (50), seorang pencari ikan di Dusun Baru, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo. Niat hati mendapatkan banyak ikan dari jaring perangkap yang ia pasang, namun Yahya malah mendapatkan seekor buaya.

“Niat mau nyari ikan, yang dapat buayo (buaya, red),” ujar Yahya, Kamis (15/9).

Diceritakan Yahya, sekitar pukul 15.30 WIB ia pergi ke sungai yang berlokasi tidak jauh dari kediamannya, untuk mencari ikan. Sesampainya di pinggir sungai, Yahya tidak mendapati pelampung jaring yang biasanya mengapung.

“Saya agak heran, biasanya pelampung mengapung. Kalaupun dapat ikan, pasti ada yang bergoyang. Tapi ini tidak, jangankan nampak pukat (jaring, red), pelampungnya saja tidak kelihatan,” ungkap Yahya.

Ia kemudian memberanikan diri untuk masuk ke dalam sungai mencari jaring yang sebelumnya telah ia pasang. Setelah ketemu, Yahya langsung mengangkat jaring tersebut. Saat itulah Yahya melihat seekor buaya terlilit di jaring ikan miliknya.

“Pas saya angkat, yang menyangkut di jaring bukannya ikan, namun buaya yang panjangnya hampir dua meter,” ujarnya.

Penemuan buaya tersebut lantas dilaporkan Yahya kepada Rio (kepala desa, red) setempat. Setelah dilakukan musyawarah desa, buaya yang ditemukan Yahya tersebut akhirnya dilepaskan kembali ke habitannya.

Sumber : Metrojambi.com
Reaksi: