Mesin dompeng milik pelaku PETI dibakar
Mesin dompeng milik pelaku PETI dibakar / dok/metrojambi
JAMBI – Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)  marak di empat kabupaten ini. Yakni, di Kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun, dan Kabupaten Merangin. Para kepala daeranya sudah gerah, namun sampai saat ini tak bisa menghentikan aktivitas PETI.

Pj Bupati Tebo, Agus Sunaryo, mengatakan, di Kabupaten Tebo aktivitas PETI masih marak terjad. Namun, sudah beberapa tahun lalu tidak mengunakan alat berat, hanya mengunakan alat tradisional atau dompeng.

"PETI di Kabupaten Tebo menurun sekitar 50 persen dibandingkan 2015, pada 2015 sebanyak 332 alat dompeng, sedangkan 2016 sebanyak 165 unit alat dompeng," klaim Agus.

Sementara itu, Bupati Bungo, Mashuri menyebut, hanya ada empat kabupaten yang menjadi sasaran pelaku PETI di Jambi. Pihaknya juga gerah dengan aktivitas itu, namun banyak aparat yang ikut bermain di dalamnya.

"Bungo jadi salah satu sasaran Pelaku PETI, kita terus upayakan untuk pemberantasannya," ujar Bupati Bungo, Mashuri, saat menghadiri Rapat koordinasi penanggulanagan PETI, bertempat di ruang Pola, kantor Gubernur Jambi, Kamis (01/09).

Sementara Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengatakan, ada suatu harapan untuk menghapus PETI di Jambi, sebab tidak semua masyarakat mendukung PETI itu. “Bisa kita masukan program pertanian, perikanan, dan sebagainya tinggal kita menyesuaikan apa keinginan masyarakat agar tidak ada lagi PETI didalam empat kabupaten tersebut,"ujar Zola.

sumber : Metrojambi.com
Reaksi: