LEBIHI KAPASITAS: Suasana di luar Lapas Muarabungo.
LEBIHI KAPASITAS: Suasana di luar Lapas Muarabungo. / Hamid
MUARA BUNGO - Jumlah warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Bungo saat ini sudah melebihi kapasitas. Lapas yang memiliki kapasitas sekitar 150 orang tersebut saat ini sudah dihuni sebanyak 346 orang.

Kepala Lapas Klas IIB Muarabungo, Djoko Budi Setianto, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kelebihan kapasitas tersebut merupakan suatu perbuatan melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

"Itu sudah melanggar HAM. Satu ruangan yang seharusnya diisi tiga orang, saat ini sudah diisi sampai sepuluh orang. Ruang gerak mereka jadi terbatas, kesehatan mereka juga terganggu," kata Djoko, Selasa (29/8).

Menurut Djoko, permasalahan ini sudah pernah disampaikan kepada Kemenkumham. Namun hingga saat ini belum ada penyelesaian.

"Kita sudah pernah sampaikan kepada pihak kementerian, namun belum ada solusi. Padahal ruangan dan fasilitas saat ini sudah tidak pantas dengan jumlah penghuni," paparnya.

Meskipun over kapasitas, Djoko mengatakan pihaknya selalu berupaya membina warga binaannya dengan baik. Tentunya setiap warga binaan diberikan keterampilan, harapannya setelah menjalani masa tahanan, warga binaan tersebut memiliki keterampilan.

"Mereka selalu kita latih, kita bekali mereka dengan keterampilan, seperti pada perayaan HUT RI kemarin banyak kerajinan mereka yang laku terjual, termasuk salah satunya bapak Bupati Mashuri yang membeli," pungkasnya.

Sumber ; Metrojambi.com
Reaksi: