Lutfy Mairizal Putra Walikota Surabaya Tri Rismaharini usai diskusi di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (17/9/2016)
JAKARTA, KOMPAS.com- Relawan meyakini Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ketua relawan Pro Risma Aidil Fitri menyatakan optimis Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan membawa Risma ke Jakarta.

"90 persen yakin. Optimis, kami optimis lah, optimis banget," kata Aidil, di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (18/9/2016).

Dia meyakini, Megawati akan menggunakan hak prerogatifnya untuk mengusung Risma sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Selain itu, lanjut dia, Megawati kerap membuat kejutan di menit-menit terakhir jelang pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI.

"Kemarin ada informasi Bu Risma dipanggil ke Jakarta. Saya kira itu isyarat dan tanda-tanda dari Bu Mega," kata Aidil.

Selain Pro Risma, ada dua komunitas relawan lain yang mendeklarasikan dukungan kepada Risma. Yakni Projo Jakarta Pusat dan Risma Dahsyat.

Hingga kini, PDI-P belum mengumumkan sikap mereka pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Rencananya partai berlambang banteng moncong putih itu akan mendaftarkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serentak pada 21 September 2016.

PDI-P merupakan satu-satunya partai politik yang dapat mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sendiri. Mereka memiliki sebanyak 28 kursi di DPRD DKI Jakarta. Risma sendiri menyatakan keinginannya untuk memimpin Surabaya.

Sumber : Kompas.com
Reaksi: