Tahun Ini, Pemkot Anggarkan 4 Miliar Untuk Guru Honor dan Operator Sekolah

Kota Jambi, Senin (15/8). Pemerintah Kota Jambi menganggarkan dana Rp 4 miliar untuk membayar gaji 385 tenaga pengajar honorer dan operator tingkat SD dan SMP yang masing-masing mendapatkan Rp 850.000,- per bulan.

Arman Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Jambi mengatakan honor tersebut masih di bawah UMP. Namun setidaknya, ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan pemerintah terhadap pengabdian mereka.

Dari 385 orang tersebut, 275 di antaranya guru honorer di SD dan 60 orang operator di SD Arman mengatakan masih banyak guru honor dan tenaga administrasi di SD dan SMP yang saat ini belum mendapatkan honor dari APBD.

Untuk itu di 2017 akan diajukan anggaran sehingga semuanya bisa mendapatkan honor. Untuk guru SD yang berstatus honorer masih ada 700 orang, sedang untuk SMP 200 orang .

"Tahun 2017 akan kita ajukan sehingga semuanya bisa dapat honor yang layak dari APBD dan mereka juga jadi lebih semangat lagi mengabdi di dunia pendidikan," ujarnya.

Arman menjelaskan guru dan tenaga administrasi itu dikontrak selama setahun pada 2016 ini.

"Penganggaran untuk tenaga honorer tersebut barulah di tahun ini sedangkan tahun-tahun sebelumnya belum ada dana untuk honorer itu" lanjutnya.

Arman juga menjelaskan kriteria honorer yang masuk kedalam anggaran APBD.

"Ya ada kriterianya pasti,tidak langsung main gaji gaji saja. Kriteria nya itu seperti pendidikan minimal S1, dan untuk tenaga kontrak itu hak sekolah yang menentukan, selagi sekolah masih membutuhkan mereka maka akan tetap kita gaji" tandasnya. (RY)


Sumber : IMCnews.id
Reaksi: