KOH KONG - Seorang petugas polisi lalu lintas yang satu ini menjadi perhatian dunia. Sun Nem, namanya.

Sabtu (18/6) lalu, Sun Nem, polisi yang dinas di distrik Srae Ambel, Koh Kong, Kamboja ini melaksanaan tugasnya dengan baik. Seorang pengendara sepeda motor tanpa helm, plus tanpa nomor polisi di kendaraan tersebut, ditilang.

Pengendara sepeda motor itu bukan orang sembarangan, dia adalah Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen. Ya, Hun Sen saat itu sedang berkunjung ke provinsi Koh Kong.

"Saya hanya mengerjakan tugas saya. Menegakkan aturan. Dia tidak memakai helm, itu bahaya. Sepeda motornya pun tidak ada nomor pelat," ujar Sun Nem kepada Khmer Times.

PM Hun Sen pun kena denda sebesar KHR (Cambodian Riel) 15.000 atau sekitar Rp 50.000. Sedangkan pemilik sepeda motor Sen Dy, juga terkena denda yang sama.

"Saya bertugas menegakkan hukum lalu lintas. Jadi apakah Anda kaya, miskin, kuat atau tidak, jika Anda melanggar hukum maka Anda harus dihukum," tegas Sun Nem.

PM Hun Sen sendiri juga mengakui kesalahannya. "Saya menerima denda itu. Saya akan membayar kesalahan saya, dan juga untuk pemilik sepeda motor. Meskipun saya meminta maaf, polisi masih tetap menilang saya. Saya memang salah," kata Hun Sen.

Dia juga tak mau berlindung dengan kekebalan hukum atas status dia sebagai perdana menteri. "Saya menghargai Polres Srae Ambel Koh Kong yang menerapkan hukum tanpa diskriminasi," tandas Hun Sen. (adk/jpnn)
Reaksi: