Sungai Penuh - Walikota Sungai Penuh, Asyafri Jaya Bakri angkat bicara terkait kritikan lokasi Pembuangan sampah di Renah Kayu Embun (RKE). Walikota yang terpilih kedua kali memimpin Sungai Penuh tersebutpun menyebut TPST di RKE aman.

Walikota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) bahkan memastikan jika TPST tidak berdampak terhadap lingkungan, seperti yang dikritisi dan diprotes masyarakat selama ini.

“Di RKE itu TPST bukan TPA (Tempat Pembuangan Akhir).  pengolahan sampah dilakukan dengan sistem timbun, nanti dibongkar kembali dan jadi kompos,"ungkapnya.

Selain diolah, lanjutnya TPST tersebut juga tidak akan menimbulkan bau busuk, karena sebelum di timbun disemprotkan dulu.

Lagian, pembangunan TPST di RKE juga sudah dibahas dengan berbagai pihak, dengan mempertimbangkan dampak lingkungan. Untuk itu, masyarakat yang berada di sekitar TPST tidak perlu khawatir dengan dampak lingkungan. 

“Kami berharap masyarakat memahami persoalan ini. TPST ini tidak berdampak buruk, bahkan membantu masyarakat terutama menciptakan lapangan kerja baru, kita prioritaskan warga sekitar,"jelasnya.

Reaksi: