Setelah mendapat informasi dari salah seorang warga, Jum’at (20/5) jam 16.00 wib, Goan langsung menuju ke lokasi tambang Galian C milik Pak Remon untuk memastikan kebenaraanya, dan ternyata Policeline sudah tidak ada lagi, “ini sangat kita sayangkan” kata GOAN HERMAN, Tokoh Muda Tigo Lurah Tanah Sekudung.

Sebelumnya Policeline itu dipasang langsung oleh Kabag OPS Polres Kerinci Kompol Priyo, Selasa (10/5) lalu, setelah membuka blokiran jalan yang dilakukan oleh masyarakat Siulak Deras.

Saat itu, Kompol Priyo yang pada saat itu mewakili Kapolres Kerinci untuk melakukan negosiasi dengan tokoh masyarakat Siulak Deras, mengatakan, barang siapa yang dengan sengaja melintasi atau membuka policeline merupakan perbuatan melawan hukum dan akan ditangkap, siapapun itu, kata Kabag OPS Polres Kerinci.

Namun, kenyataannya saat ini, Garis Polisi tersebut hilang begitu saja di sejumlah lokasi tambang Galian C, diantaranya di lokasi Galian C milik Remon dan milik Ramli Umar.

Hilangnya Garis Polisi di lokasi tersebut membuat masyarakat Siulak Deras mempertanyakan ketegasan Polres Kerinci, apalgi jika tidak ditindak, sebagaimana pernyataan keras dari Kabag OPS (10/5) yang lalu.

Parahnya aktifitas penambangan pasir atau Galian C di Siulak Deras milik pak remon masih terus berlajan seolah tidak menghiraukan peringatan dari aparat penegak hukum maupun jeritan masyarakat setempat yang kena imbasnya.

Bahkan, pada saat anggota LSM Geger turun ke lokasi tambang milik Remon di Sungai Cubadak untuk merekam gambar aktifitas tersebut, Remon langsung mencak- mencak sambil memaki dan mengusir LSM tersebut agar tidak memotret maupun merekam di lokasi tambang Galian C nya yang sudah di policeline tersebut.

“Ya, saat kami mengambil rekaman video alat berat sedang bekerja mengeruk material pasir, dia (Remon) mencak- mencak dan memaki kami, hal itu dapat diartikan bahwa policeline itu dia yang membukanya, kami mohon ada tindakan tegas dari Polres Kerinci” terang Sapriyal anggota LSM Geger Kerinci.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Kerinci Kompol Priyo, saat dikonfirmasi LSM Geger, tidak memberikan jawaban dan tanggapan yang jelas untuk menindaklanjuti hilangnya Policeline dan aktifitas Galian C yang berjalan di lingkaran Policeline tersebut,”Kita sudah mempertanyakan dengan Kabag OPS Priyo, tapi tidak ada tanggapan yang jelas dan seolah mengalihkan pembicaraan ke persoalan lain, sementara masyarakat sangat menunggu tindak lanjut kepolisian dan Pemkab Kerinci” tambah Sapriyal.  (cr2)

Sumber ; Kerincitime.co.id
Reaksi: