SUNGAI PENUH - Pemandangan berbeda yang tampak disejumlah ruas jalan kota Sungai Penuh. Tumpukan sampah terlihat hampir disemua ruas jalan dengan jarak yang hanya beberapa meter saja.
Akibatnya, selama seminggu terakhir, sampah di kota Sungai Penuh tidak dapat diangkut ke TPA.
Di beberapa permukiman warga di tepi jalan, sampah bahkan dibiarkan menumpuk di pinggir jalan hingga menimbulkan pemandangan yang kumuh dan bau yang tidak sedap. Tumpukan sampah bahkan meluber ke jalan raya dan mengganggu kelancaran arus lalulintas.Salah seorang warga Kota Sungai Penuh Dedi Klen mengatakan warga jelas merasa tidak nyaman dengan adanya tumpukan sampah tersebut.

Mengganggu kesehatan, kalau sampah bau gini. Belatung-belatung juga kemana-mana kan. Ya kepengen saya sih ya harus dibersihin semua, biar kelihatannya bersih. Kalau bisa segera, diusahakan,” ujar warga bernama Dedi Klen itu pada Soraklintera.com, Selasa (10/5).
Ketua Komisi III DPRD Kota Sungai Penuh  Hardizal, S.Sos mengatakan, “kami sudah memanggil dan menyampaikan kepada Kepala Badan  BLHD Kota Sungai Penuh tapi tidak diindahkan.ungkapnya Kepala BLHD Kota Sungai Penuh tidak mampu menangani sampah dan bisa dipidana karena melanggar Undang-Undang Liingkungan Hidup.”

Komisi III  siap membantu dan memantau untuk menyelesaikan persoalan sampah, karena masyarakat sudah gelisah dengan bau tumpukan sampah yang ada di Sungai Penuh. Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Sungai Penuh Monasri Saat di konpirmasi terkait permasalahan ini ia mengatakan," Sampah dalam beberapa hari terakhir terkendala lokasi pembuangan yang dihalangi oleh warga setempat baik TPA yang telah di tetapkan oleh Pemkot.” Ungkapnya.

Selain itu ia juga menambahkan, pemkot berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat.

“TPA yang telah di tetapkan oleh Pemkot Masih disangketakan oleh warga setempat, sementara itu pemkot telah berupaya mencari lokasi baru, akan tetapi permasalahan yang sama juga muncul," bebernya.

Dan pemkot masih mengupayakan mencari solusi agar sampah yang menumpuk bisa di buang. (Suf)
               
               
Reaksi: