Kerincigoogle.com, Jakarta, Otomania – Mengemudikan kendaraan roda dua saat hujan atau dalam kondisi jalan basah perlu perhatian khusus dari pengendara sepeda motor. Tergelincir jadi salah satu efek negatif yang sangat dhindari ketika berkendara dalam situasi tersebut.

Salah satu teknik yang harus dipahami biker saat kondisi jalan hujan yaitu bagaiamana melakukan pengereman yang dianjurkan. Lebih lagi jika harus melakukannya secara mendadak, entah itu karena lubang atau kemungkinan lainnya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center mengatakan, pengereman yang benar saat kondisi jalan hujan yaitu dengan menekan rem secara bersamaan. Ini berlaku saat pegereman biasa maupun dalam kondisi mendadak.

“Pengereman yang benar yaitu degan menggunakan kedua rem secara bersamaan. Ini akan membuat sepeda motor tetap terjaga stabilitasnya. Semenatara untuk komposisi tekanan rem depan dan belakang disesuaikan dengan kondisi dan medan jalan,” ujar Marcell kepada Otomania, Selasa (2/2/2016).

Marcel melanjutkan, jika hanya rem depan yang ditekan, bisa membuat sepeda motor bersama dengan pengemudi dan juga penumpangnya terjungkal. Sebaliknya jika hanya menggunakan rem belakang, ban akan mengalami slip.

“Kedua cara pengereman yang salah tersebut tentunya akan membuat pengemudi celaka dan mengakibatkan efek negatif. Jadi berhati-hatilah,” ucap Marcell.

Sumber : otomania.com
Reaksi: