Kerincigoogle.com, JAMBI - Tiga daerah di rovinsi Jambi masih menunggu antrian pemekaran. Ketiga daerah ini dianggap sudah layak untuk dimekarkan, sesuai dengan syarat pemekaran daerah.

Daerah tersebut antara lain, Kabupaten Bungo - Kota Bungo. Merangin -Tabir Raya dan Kabupaten Kerinci - Kerinci Ilir. Untuk Kabupaten Bungo sudah masuk dalam 87 Daerah Otonomi Baru (DOB) prioritas yang saat ini menunggu pengesahan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sejauh ini, pengesahan pemekaran DOB Kota Bungo terkendala tanda tangan persetujuan kepala daerah (Bupati Bungo).

Anggota Komite I DPD RI, Dra Hj Juniwati T Masjchun Sofwan, mengatakan, dari sisi kelengkapan persyaratan, pemekaran Kabupaten Bungo menjadi Kota Bungo sudah lengkap bahkan sudah masuk dalam 87 DOB prioritas yang tinggal menunggu antrian pengesahan di Kemendagri.

“Usulan pemekaran ini kan sudah sejak tahun 2007 lalu,” akunya.

Karena ada UUD baru tentang pemekaran, maka ada persyaratan yang kurang dan harus dilengkapi. Salah satunya tanda tangan persetujuan dari Bupati, waktu itu Sudirman Zaini. “Kita tidak tahu apa alasannya, surat pesetujuan itu tidak dikeluarkan oleh Pak Sudirman,” katanya.

Pj Gubernur Jambi, H Irman, mengapresiasi upaya pemekaran sejumlah Kabupaten/kota ini. Menurutnya, upaya pembentukan DOB tersebut sangat dibutuhkan.

“Bayangkan saja, kabar yang saya dengar, dari Tabir Raya ke Kota Kabupaten Merangin itu memakan waktu delapan hingga sepuluh jam. Begitu sulitnya mengurus administrasi disana. Dan kita mendukung langkah-langkah optimalisasi pelayanan pemerintah terhadap masyarakat ini,” ujar Irman. 

Ia juga menjanjikan,  ikut mengawal upaya pemekaran tersebut di Kemendagri.

“Saya juga berharap, kepala daerah tidak menghambat upaya-upaya pengoptimalan pelayanan terhadap masyarakat ini. Selagi itu baik bagi masyarakat dan tidak bertentangan dengan hukum percepat prosesnya,” pungkasnya.

sumber : Jambiupdate.co
Reaksi: