Donald Trump (REUTERS/Jim Bourg)
New Hampshire - Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, sukses meraih suara terbanyak dalam pemilihan awal di New Hampshire setelah sebelumnya kalah di Iowa. Trump mengaku sangat senang atas kemenangannya ini.

"Saya sangat senang, saya baru melihat laporan Anda dan ditunjukkan di papan ... dengan (kategori) pemilih pria, pemilih wanita, pemilih muda, pemilih tua, Anda tahu, semuanya," tutur Trump kepada wartawan CNN, Jake Trapper, seperti dilansir situs berita CNN, Rabu (10/2/2016).

"Untuk memenangkan setiap kategori, mungkin, menjadi kehormatan terbesar," imbuhnya.

Miliarder ternama AS ini mengungguli kandidat Republik lainnya dalam pemilihan awal di negara bagian New Hampshire yang digelar Selasa (9/2) malam waktu setempat. Menurut hasil penghitungan cepat CNN, dengan total 89 suara masuk, Trump menempati posisi pertama dengan 35 persen suara yang diikuti Gubernur Ohio John Kasich dengan 16 persen suara di posisi kedua dan Senator Texas Ted Cruz dengan 12 persen suara.

Baca juga: Trump Menangi Pemilihan Awal di New Hampshire, Hillary Kalah dari Sanders

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Trump dalam rangkaian pemilihan presiden AS tahun ini, setelah pekan lalu Trump kalah dari Cruz yang unggul suara cukup besar darinya.

Menurut exit polls, seperti dilansir CNN, Trump unggul dalam kategori pemilih berdasarkan demografi dan kelompok ideologi dengan masing-masing 30 persen suara. Trump juga unggul dalam kategori lain mulai dari kalangan pemilih pria dan wanita, kemudian pemilih di bawah 64 tahun, pemilih kalangan mahasiswa, juga kalangan konservatif dan moderat, hingga kalangan pemilih pertama kali.

Pengusaha real estate berusia 69 tahun ini dikenal kontroversial atas berbagai seruannya seperti seruan deportasi imigran ilegal dan larangan warga muslim masuk ke wilayah AS, dalam setiap kampanyenya. Saat berbicara di hadapan pendukungnya, Trump menyelamati kandidat Republik lainnya yang bersaing dengannya dalam pemilihan awal di New Hampshire.

Sumber : Detik.com
Reaksi: