Kerincigoogle.com, JAMBI - Kisruh internal Partai Demokrat terkait pemecatan sejumlah kader yang terus bergulir belakangan ini akan berpengaruh terhadap dukungan di Pilkada 2017 mendatang.

Ini diutarakan oleh Pengamat Politik Jambi, Jafar Ahmad. "Kisruh internal ini akan berpengaruh ignifikan terhadap siapa saja yang bakal dicalonkan," ujar Jafar.

Alasannya, siapa yang memegang tampuk kepemimpinan partai tentu punya pandangan yang berbeda terhadap calon yang akan bertarung di Pilkada nanti. Ketua DPC Demokrat Muarojambi, Burhanuddin Mahir, misalnya, jika ia benar-benar dipecat tentu penggantinya nanti punya penilaian tersendiri terhadap calon yang akan diusung.

Namun, dari sisi pendulang suara, hal ini tidak akan berpengaruh signifikan. Sebab, dalam menentukan pilihan pemilih akan tergantung figur calon, kedekatan emosional, etnis, dan keterwakilan wilayah.

"Kalau dari sisi pendulangan suara, kisruh diinternal partai tidak terlalu berpengaruh signifikan," sebutnya.

Apalagi persoalan di internal partai, seperti kisruh terkait pemecatan kades ini adalah hal biasa dan lumrah dilakukan setiap parpol. Seperi yang dialami Ketua DPC Demokrat Muarojambi, Burhanuddin Mahir, Ketua DPC Demokrat Batanghari, Jasasila dan Anggota DPRD Provinsi Jambi, Rahimah Fachrori. 

Sumber ;  Jambiupdate.co
Reaksi: