Donald Trump : reuters
New Hampshire - Pemilihan awal yang merupakan bagian dari pemilu Amerika Serikat digelar di wilayah New Hampshire, setelah pekan lalu di Iowa. Kandidat Partai Republik Donald Trump dan kandidat Partai Demokrat Bernie Sanders berhasil meraup suara terbanyak.

Menurut penghitungan cepat CNN, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/2/2016), Sanders yang juga Senator Vermont mengalahkan kandidat Demokrat lainnya, Hillary Clinton. Dengan total 52 persen suara masuk, Sanders meraup 59 persen suara sedangkan Hillary hanya mendapat 32 persen suara.

"Ketika kita berdiri bersama, kita menang. Terima kasih, New Hampshire!" ucap Sanders melalui akun Twitter-nya, seperti dilansir AFP.

Sedangkan untuk Partai Republik, menurut penghitungan cepat CNN dengan total 52 persen suara masuk, Trump berhasil unggul dengan meraup 34 persen suara diikuti oleh kandidat Republik lainnya, Gubernur Ohio John Kasich di tempat kedua dengan 16 persen suara.

Sementara Senator Texas Ted Cruz yang pekan lalu memenangi kaukus Iowa, untuk wilayah New Hampshire, Cruz hanya mendapat 12 persen suara. Perolehan suara Cruz seri dengan mantan Gubernur Florida Jeb Bush yang juga meraih 12 persen suara.

Sekali dalam empat tahun, mata publik AS fokus ke wilayah New Hampshire, negara bagian kecil di timur laut AS dengan penduduk 1,3 juta jiwa. New Hampshire menjadi lokasi pemilihan awal setelah kaukus Iowa digelar, yang merupakan rangkaian proses pencapresan AS.

Dalam 60 tahun terakhir, sebagian besar kandidat yang memenangkan pemilihan presiden AS biasanya memenangkan pemilihan awal di negara bagian yang disebut 'Granite State' ini. Namun ada juga pengecualian untuk tiga presiden AS, yakni Barack Obama, George W Bush dan Bill Clinton, yang memenangkan pilpres meskipun kalah dalam pemilihan awal di New Hampshire.

Saat pidato di hadapan pendukungnya, Hillary mengucapkan selamat untuk Sanders atas kemenangannya di New Hampshire. Hillary bersumpah akan menjadi kandidat yang memperbaiki masalah dan tidak hanya mengomentarinya.

"Orang-orang memiliki hak untuk marah tapi mereka juga lapar, mereka lapar akan solusi. Saya akan bekerja lebih keras dari siapapun untuk membuat perubahan demi membuat hidup kalian lebih baik," ucapnya.

Sumber  : Detik.com
Reaksi: