Kerincigoogle.com, Jambi - LSM Andalas melalui kuasa hukumnya Adithiya Diar, SH., MH. telah melaporkan KPU Kota Sungai Penuh ke DKPP pada tanggal 11 Januari 2015 yang lalu. Laporan tersebut telah diregister melalui Bawaslu Provinsi Jambi dengan Nomor: 03/I-P/L-DKPP/2016. Laporan yang disampaikan LSM andalas tersebut, terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan komisioner KPU Kota Sungai Penuh dalam menyelenggarakan Pemilihan wali kota dan wakil walikota Sungai Penuh tahun 2015.

Kuasa Hukum Pelapor Adithiya Diar membenarkan hal tersebut, dia menegaskan bahwa Laporan yang diajukan oleh LSM Andalas adalah terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh KPU Kota Sungai Penuh beserta jajaran di bawahnya dalam menyelenggarakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh tahun 2015.

Sementara itu mengenai isi konkrit dari laporan yang diajukan, Adithiya Diar hanya menginformasikan bahwa laporan yang diajukan oleh LSM andalas ke DKPP-RI terkait 2 (dua) hal, yang pertama Terjadinya pembukaan kotak suara di beberapa PPK yang ada di Kota Sungai Penuh pada tanggal 9 Desember 2015 tanpa melalui prosedur yang benar. Kedua, terjadinya pembukaan suara di Polres Kerinci pada tanggal 08 Januari 2016 dengan dalih untuk mengambil formulir sebagai alat bukti di Mahkamah Konstitusi, dan itu juga tidak melalui prosedur yang telah ditentukan, tegasnya.

Saat ditanya mengenai jadwal persidangan untuk memeriksa laporan yang diajukan LSM andalas tersebut, Adithiya Diar menegaskan bahwa hingga saat ini saya maupun pelapor belum mendapatkan jadwal persidangan, meskipun laporan telah diregister pada tanggal 11 Januari yang lalu. Namun demikian, kemarin saya telah menyurati DKPP-RI untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai teknis dan jadwal persidangan, tutupnya.

Sumber : Metrosakti.com
Reaksi: