Kerincigoogle.co, JAMBI – Sesuai agenda, 2017 mendatang Kabupaten Sarolangun akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah. Tidak hanya dari Partai Politik. Melalui jalur Independen juga bisa maju dalam perebutan BH 1 SZ.

Ketua KPU Kabupaten Sarolangun,Akhyar saat dikonfirmasi Jambiupdate.co, mengatakan, syarat untuk maju melalui jalur independen kandidat harus memiliki dukungan minimal 8,5 persen dari jumlah DPT yang ada di Sarolangun.

“Selain pendidikan terakhir dengan ijazah minimal SMA  sederajat, kandidat juga harus memiliki dukungan dari 8,5 persen DPT, saat ini terdata DPT kita ada 190.446,” sebutnya.
Sementara, untuk tahapan Pilkada, hingga saat ini menurut Akhyar belum bisa dilaksanakan. KPU Sarolangun masih menunggu petunjuk dari KPU RI.

“Saat ini kita masih menunggu Peraturan KPU yang baru, karena jadwal Pilbub ini berbeda dengan jadwal Pilkada 2015 kemarin. Namun menurut peraturan yang ada, 6 bulan sebelum hari pemilihan sudah bisa dimulai tahapan Pilbub, berarti sekitar bulan Agustus atau September tahun ini,"papar Akhyar.

Terkait anggaran, KPU mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 16 Milyar lebih. Anggaran tersebut telah disahkan oleh DPRD dalam dalam dua tahun mata anggaran. Dalam APBD 2016 dianggarkan sebanyak Rp 8 Milyar dan sisanya Rp 8 Milyar lagi di APBD 2017. 

Sumber : Jambiupdate.co
Reaksi: