Kerincigoogle.com, Kerinci - Komisi ASN secara resmi mengirimkan surat kepada Bupati Kerinci dengan nomor : B-1497/KASN/12/2015 tanggal 29 desember 2015 Hal : Hasil Pengawasan Sistem dan Merit dan Rekomendasi atas Pelanggaran dalam Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat Struktural Eselon II,III dan IV Pejabat Fungsional, dan Kepala sekolah serta Guru di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Pasal 30 "KASN berfungsi mengawasi pelaksanaan norma dasar, kode etik dan kode perilaku ASN, serta penerapan Sistem Merit dalam kebijakan dan Manajemen ASN pada lnstansi Pemerintah"

Selanjutnya Pasal 32 ayat (1) huruf d dan huruf e, "KASN berwenang untuk memeriksa dokumen, meminta klarifikasi dan/atau dokumen yang diperlukan dari instansi pemerintah untuk pemeriksaan laporan terkait pelanggaran norma dasar, serta kode etik dan kode perilaku Pegawai ASN, termasuk pelanggaran prinsip sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN".

Terkait surat yang dilayangkan Komisi ASN tersebut, belum didapat keterangan resmi dari Bupati Kerinci, H. Adirozal selaku pejabat yang mengeluarkan SK pengangkatan dan pemberhentian pejabat di lingkup Pemkab Kerinci.

Inilah 9 Rekomendasi Komisi ASN Terkait pelanggaran yang telah dilakukan Bupati Kerinci :

1. Meninjau kembali Keputusan Bupati Kerinci Nomor 821.23/22/pp-BKD, tanggal 17 maret 2015, 821.23/37/pp-BKD, tanggal 1 Juli 2014 terkait pengangkatan dan pemberhentian pejabat struktural eselon II lingkup pemerintah daerah kabupaten Kerinci, terutama terhadap 97 pejabat yang dibebaskan dari jabatan dan selanjutnya mencarikan dan mengangkat pada jabatan lain yang eselonnya setingkat dengan jabatan sebelumnya melalui asesmen kompetensi. 


Reaksi: