Netanyahu/nationaliticpost/ist

Kerincigoogle.com, Internasional -  Perdana menteri Netanyahu terancam akan ditangkap bila Ia dan beberapa pejabat Israel yang masih menjabat saat ini, hali ini terkait dengan kasus pada tahun 2010 silam.

Seorang hakim di Spanyol, menurut laporan media-media yang ada di Spanyol, hakim Jose de la mata, telah memerintahkan aparat kepolisian Spanyol untuk menangkap Netanyahu dan beberapa pejabat Israel yang masih menjabat sekarang.

Surat perintah penangkapan tersebut terkait dengan kapal fredoom Flotilla pada tahun 2010. Para pejabat Israel yang ada dalam surat perintah penangkapan tersebut mantan Menteri Pertahanan, Ehud Barak; mantan Menteri Luar Negeri, Avigdor Leiberman; mantan Menteri Urusan Strategis, Moshe Yaalon; mantan Menteri Dalam Negeri, Eli Yishai; menteri tanpa portofolio, Benny Begin; dan Wakil Laksamana Maron Eliezer, yang bertanggung jawab atas operasi penyerangan pada armada Freedom Flotilla tersebut.


Menurut laporan media-media yang melaporkan, surat perintah penangkapan tersebut terkait dengan kapal motor Mavi Marmara, yang berusaha menembus blokade Israel untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan, kapal motor yang berpenumpang sekitar 500 orang tersebut di serang pasukan Israel yang menewaskan sembilan orang aktifis kemanusiaan, sebulan kemudian meninggal lagi satu orang aktifis yang luka-luka pada saat serangan tersebut.

Rilis yang di muat kompas.com mengutip Jerusalem post mengatakan itu hanya provokasi terhadap hubungan kedua negara, Israel masih mengupayakan hal itu untuk dibatalkan. (KG)
Reaksi: