Sike Rebana Massal di Siulak Mukai Kerinci
Kerincigoogle.com, Kerinci - Calon Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli, selama 4 hari melakukan lawatan politik ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, beragam agenda dijalankan tokoh muda kharismatik tersebut di Bumi Sakti Alam Kerinci, salah satunya ialah melantik tim pemenangan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Saat melantik tim pemenangan Zola - Fachrori Kabupaten Kerinci, (19/9/2015), Zumi Zola dibuat terpukau oleh penampilan penari tradisional Kerinci yang berlansungdi lapangan Tebing Tinggi Kecamatan Siulak Mukai.

Penari tradisonal tersebut berjumlah 1700 penari yang dilakukan oleh ibu - ibu desa setempat. Tarian tersebut dinamakan Tari Zikir Massal Sherrin Tharia.

Penampilan tarian yang dikombinasikan dengan kesenian rebana, itu jelas sangat menyedot perhatian banyak kalangan. Hal itu tercermin dengan hadirnya setidaknya 5 ribuan lebih masyarakat dari berbagai tempat yang datang secara spontan memadati lapangan desa tersebut.

"Subhanallah, saya sangat terpukau melihat penampilan tarian barusan. Ini kejutan buat saya, sungguh luar biasa penampilan ibu - ibu," kata Zola saat menyampaikan sambutan usai melantik tim pemenangan.

"Kebudayaan seperti ini sudah seharusnya menjadi icon Provinsi Jambi. Sekali lagi saya betul - betul terpukau atas penampilan ini. Insya Allah kalau saya terpilih menjadi gubernur, ibu - ibu penari akan tampil di tingkat provinsi," tegas Zola lagi yang lansgung disambut tepuk riuh masyarakat yang hadir.
Kekayaan budaya dan adat Provinsi Jambi yang berlimpah ruah, menjadikan Zumi Zola memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan potensi budaya yang ada di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. (jambiupdate.com)
Reaksi: