Kerincigoogle.com, Sungaipenuh- Sepanjang 185,45 Kilometer Jalan Kota, Hingga desember 2014, telah dilaksanakan pembangunannya, dengan persentase Baik 123 Kilometer.

Hal tersebut diatas diungkapkan kepala Bidang Bina Marga (BM) PU kota Sungaipenuh, Khalik Munawar,  diruang kerjanya. Meskipun demikian, sebut dia, guna peningkatan pembangunan pihaknya terus lakukan pembangunan.

"Per Desember 2014, kondisi jalan kota masih mengalami Rusak Ringan 38,48 Kilometer dan rusak Berat 23,41 Kilometer," ungkap Khalik Munawar.

Kalau dikalkulasikan, lanjut dia, jalan yang berstatus jalan kota, dalam kondisi Baik sekitar 67 Persen, sementara yang masih perlu diperbaiki, termasuk rusak ringan dan  berat 33 Persen.

"Yang perlu perbaikan sekitar 33 Persen, termasuk rusak ringan, selain itu juga masih ada yang perlu overley," sebutnya.

Sementara untuk 72 unit Jembatan dalam kota Sungaipenuh, Mayoritas sudah dilakukan perbaikan dan dibangun. Pengakuannya, hingga Desember 2014, hanya tinggal sebagian kecil yang belum dilakukan pembangunan dan perbaikannya.

"Dari 72 unit Jembatan dalam kota, mayoritas sudah diperbaiki, hanya sebagian kecil yang belum, target kita tahun ini bisa diperbaiki," bebernya.

Guna peningkatan pembangunan pada Bina Marga, pada 2015 ini, telah disetujui anggaran melalui APBD sebanyak 52 Milyar.
"Tahun ini anggaran kita yang disetujui sebanyak 52 Milyar, kalau tahun lalu (2014, red) untuk Jalan dan Jembatan  sebanyak 39 Milyar," bebernya.

Selain itu, tahun 2015, PU juga menganggarkan Rp. 12,978 Milyar, untuk pembangunan jalan Poros Kumun-Sungaipenuh, sepanjang lebih kurang 1 Kilometer, dari SMPN3 ke Simpang Empat  kumun.
"Tahun ini, kita juga ada anggaran 12 Milyar lebih, untuk pembangunan jalan Poros Dua Jalur, Kumun Sungaipenuh," sebut Khalik Munawar. (hen)
Reaksi: