Kerincigoogle.com, Kerinci- Rencana perluasan lokasi pengeboran gas bumi oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Gunung Raya dipertanyakan warga. Soalnya, daerah tersebut merupakan hulu sungai yang dijadikan warga sumber air bersih, yang ditakutkan akibat pengeboran sungai jadi mengering.

Selain itu, warga juga menuntut perhatian PT PGE berbentuk kontribusi, karena waktu sosialisasi dahulu pernah dijanjikan. Namun hingga kini, belum ada kontribusi pasti yang didapatkan masyarakat.

“Wilayah Lolo dan sekitarnya tidak diperhatikan, dulu pernah dijanjikan. Kita bukan menghambat pengeboran di Talang Kemulun, kita hanya khawatir,” kata salah seorang warga Lolo, Edi Suryadi kepada Bupati Kerinci H Adirozal pada acara pertemuan dengan tokoh adat diruang Pola Kantor Bupati Kerinci, Selasa (7/10).

Menanggapi keluhan masyarakat, Bupati Kerinci H Adirozal mengatakan, setiap perusahaan wajib memberikan Corporate Social Responcibility (CSR), namun itu diberikan ketika perusahaan tersebut sudah berproduksi. “Sekarang PGE belum berproduksi, dia masih dalam tahap pengerjaan,” kata Bupati Adirozal.

Lanjut mantan Wakil Walikota Padang Panjang, jangankan untuk daerah setempat, ke kabupaten juga belum ada laporan dari PT PGE. “Kalau ada mereka memberikan untuk daerah setempat, itu alhamdulillah,” ujarnya.

Sementara soal air tambah Bupati Adirozal, pihak PT PGE harus menjelaskan. Apakah pengeboran yang dilakukan dapat mengeringkan air di Talang Kemuning, yang merupakan sumber air bersih masyarakat setempat.

“Bukan hanya PGE, tapi juga PLTA di Batang Merangin. Kalau perusahaan ini sudah berproduksi, harus memberikan CSR,” kata Adirozal yang menyandang gelar akademik Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana Bali.

Informasinya, PT PGE saat ini sedang mengebor tiga sumur di Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya, dimana salah satu dari sumur tersebut sudah menampakan tanda-tanda adanya gas. Selanjutnya akan memperluas wilayah kerja ke Desa Talang Kemuning Kecamatan Gunung Raya, dimana kabarnya merupakan lokasi yang lebih besar dari Desa Lempur.(k3)
Reaksi: