Puluhan Mobil Tetap Operasi
Kerincigoogle.com, Kerinci - Setelah ditutup beberapa waktu lalu, melalui surat keputusan bupati Kerinci, Aktifitas Galian C di desa Ujung pasir, sempat operasi.
Karena sempat kembali beroperasi pada pada senin lalu, akhirnya bupati Kerinci, memerintahkan wakil bupati Kerinci, meninjau kembali lokasi Galian C di desa Ujung pasir, kecamatan Danau Kerinci.

"Benar, saya juga sudah dapat informasinya, makanya kemarin saya sudah perintahkan wakil bupati meninjau kelokasi," sebut bupati Kerinci, Adirozal, setelah membuka kegiatan sosialisasi kependudukan di Gedung Nasional, kemarin.

Pengakuan bupati Kerinci, untuk aktifitas yang telah ditutup, dirinya kembali menegaskan untuk tetap menutup Galian C ini. Sebab, lanjut dia, Aktifitas Galian Pasir di desa Ujung pasir, telah merusak lingkungan sekitar, termasuk kehidupan satwa dalam Danau Kerinci.

"Tidak hanya lingkungan yang rusak, sawah masyarakat juga ada yang hanyut, selain itu juga berdampak kepada kehidupan perairan danau," ungkap Adirozal.
Sementara itu, salah satu anggota DPRD Kerinci, Asrizal, dari daerah ini, menyebutkan, rabu (01/10) aktifitas Galian Pasir didaerah ujung pasir, masih berlanjut. Malah menurut dia, puluhan mobil pengangkut pasir, beraktifitas mengangkut pasir dari galian ini.

"Hari ini (selasa, 1/1) terlihat lebih sepuluh mobil pengangkut pasir yang beraktifitas," ungkap Asrizal, saat dihubungi melalui teleponnya, kemarin sore.

Parahnya lagi, sebut dia, untuk aktifitas Galian pemilik galian pasir ini, menempatkan beberapa orang yang diduga sebagai tukang pukul, sehingga aktifitas Galian bisa berjalan aman dan lancar.

Demikian juga, dengan rencana pertemuan masyarakat dua desa, terkait permasalahan galian C ini, selasa malam, batal. Hal ini, sebut dia, karena banyak yang tidak berani hadir dalam rapat. Dia menduga, banyak yang tidak hadir ini, dikarenakan dibawah ancaman kaki tangan pemilik Galian Pasir ini.

"Rapat gagal dilaksanakan, karena banyak yang takut hadir, kemungkinan dapat ancaman dari kaki tangan pemilik perusahaan galian C ini," sebut dia.

Lebih lanjut, Asrizal, informasi yang diterimanya dilapangan, Aktifitas Galian ini tetap beroperasi, dikarenakan Galian yang sama di desa semerap, kecamatan keliling danau, masih beroperasi. Sementara, lokasi dan areanya tidak jauh berbeda dengan lokasi Galian C di desa Ujung pasir, tandas Asrizal. (hen)

Reaksi: